Trik Membagi Waktu

Tugas-tugas sekolah yang menumpuk seringkali bikin kita gak punya waktu untuk sekedar hang out atau sekedar jalan-jalan ke mal bersama mama dan adik. Seringnya jadwal kursus yang begitu padat bertabrakan dengan jadwal rapat organisasi di sekolah.

Berikut trik pembagian waktu yang bisa membantu kita untuk tetap bisa berteman di sela-sela kesibukan menekuni aktifitas berkaitan dengan sekolah.

Sekolah dan Kursus, Pilih-pilih Ekstrakurikuler

Ekstrakurikuler adalah kegiatan di luar jam pelajaran yang berfungsi menambah skill kita. Makanya, pilihlah ekstrakurikuler yang memang kita sukai. Yang penting, jangan terlalu ambisius dan ngotot. Mentang-mentang suka ngeband, motret, basket dan debat, kita ambil semua ekskul itu. Kalau begini caranya, enggak heran waktu kita habis hanya buat ngurusi ekskul. Kapan dong main sama teman-teman? Buatlah skala prioritas dan pilih ekskul yang benar-benar kita sukai.

Mengulang Pelajaran

Kita bisa banget dapat nilai bagus hanya dengan menyediakan waktu setengah jam untuk mengingat pelajaran setiap harinya. Dengan cara ini, pelajaran yang barusan disampaikan akan lebih nempel di otak ketimbang belajar sehari sebelum ulangan berlangsung. Hemat waktu tapi tetap menghasilkan nilai yang lebih dan oke.

Bagi Waktu Untuk Kursus

Sepulang sekolah, kita punya banyak banget jadwal les. Misal musik atau les bahasa. Tapi, usahakan supaya waktu les kita enggak monopoli waktu gaul dan menjalankan hobi. Misal, kita bisa mengambil les bahasa asing di hari Selasa dan Kamis, balet di hari Rabu. Jadi, hari Senin dan Jum’at bisa kita gunakan untuk melakukan hobi masak kita di rumah. Selain itu, jangan sampai karena jadwal yang terlalu padat kita jadi enggak punya waktu untuk santai atau senang-senang bareng teman atau keluarga.

Rumah, Waktu Browsing

Punya hobi posting atau sekedar browsing-browsing iseng aja? Hal ini yang bisa menghabiskan waktu. Internet itu memang candu banget. Saking asyiknya browsing foto-foto keren, enggak sadar sudah lima jam waktu hilang begitu saja. Makanya mulai sekarang usahakan untuk membatasi waktu browsing di dunia maya selama satu jam per hari. Kecuali saat weekend, boleh lah sampai tiga jam online. Satu jam itu sudah termasuk saat online di hp atau tablet kita yach…🙂

Banyak PR

PR memang enggak bisa lepas dari kehidupan kita sebagai pelajar. Tapi bukan berarti kita harus menumpuknya begitu saja dan baru mulai mengerjakan pas sudah mau dikumpulkan. Kalau begini caranya dijamin hati gak bakalan tenang. Untuk mengakalinya, kita bisa mencicil PR kita. Kerjakan tugas-tugas itu di hari sekolah. Berikan waktu satu atau dua jam saja dan kita bakal bisa punya waktu lebih untuk hangout bareng teman saat weekend.

Besok Ulangan

Musim ulangan tiba. Setiap hari selalu penuh dengan jadwal ujian. Kalau sudah begini, jangan panik. Supaya konsentrasi kita enggak pecah, jauhkan hal-hal yang bakal mengganggu perhatian kita. Misal handphone tersayang. Kalau setiap setengah jam sekali ada SMS atau BBM yang masuk, gimana caranya kita belajar kan?

Beri Waktu Buat Diri Sendiri Sendiri, Olahraga Bareng

Merasa penat karena terlalu banyak tugas? Ditambah lagi hubungan sama sahabat sedang bermasalah. Kita bisa banget lho melepas semua stress itu dengan cara memanjakan diri sendiri. Enggak perlu repot kok. Cukup sediakan waktu setengah jam di sore hari untuk relaksasi. Caranya bisa macam-macam. Misal, creambath, pakai masker, nyalain lilin aromatherapy sambil dengerin lagu favorit, atau hanya sekedar minum hot chocolate bikinan sendiri. Dijamin setelah itu hati kita lebih plong dan kita siap untuk menghadapi sisa hari.

Waktu Santai

Jalan bareng teman enggak harus pergi ke mal dan menghabiskan waktu seharian. Bisa saja atur waktu pagi-pagi untuk berolahraga di taman kota atau gym favorit. Cukup dua jam olahraga bareng, kita bisa bertukar banyak pikiran. Selain bisa curhat, badan tetap fit.

Menyenangkan

Kumpul bareng teman-teman enggak perlu selalu hura-hura dan menghabiskan waktu. Kita bisa mengakalinya dengan cara melakukan sesuatu hal yang memang kita sukai bersama. Misal masak bareng. Dengan begini selain ngobrol kita juga bisa mengembangkan bakat memasak. Jadi, waktu untuk melakukan hobi dan ngumpul bareng teman pun bisa di jadikan satu. Kurang menyenangkan apalagi, kan?

Semoga bermanfaat…🙂

Sumber : Harian Waspada


Pos ini dipublikasikan di Tips & Trik. Tandai permalink.

Satu Balasan ke Trik Membagi Waktu

  1. Edwin Tibiame berkata:

    Bagus juga trik nya. Pas buat ku yang kalau online minimal 5 jam sehari…kalau libur 12 jam pun mau….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s